Frugal Living, Gaya Hidup Sejalan dengan Value dan Tujuan Hidup

Frugal living menjadi trend dan pilihan gaya hidup yang sedang populer di kalangan generasi muda saat ini. Gaya hidup yang simple (sederhana), frugal (hemat) dan cermat dengan uang. Memang masih banyak orang yang salah paham dengan arti frugal (hemat), dianggap sama dengan pelit.

Frugal living adalah gaya hidup menekankan kesadaran dalam pengeluaran, penuh perhatian (mindful) terhadap keuangan, memprioritaskan hal yang benar-benar penting untuk meningkatkan kualitas hidup dan sejalan dengan nilai (value) dan tujuan hidup kamu.

Ingat ya, jadi frugal living bukan hanya sekedar hidup hemat dengan mencari diskon, kupon dan promosi lainnya. Jangan menganggap hidup ini menyedihkan hanya karena kita terlalu hemat, pelit apalagi kikir. Frugal living adalah hidup dengan sederhana dan menemukan apa itu cukup.

Manfaat

Terdapat banyak manfaat dari gaya hidup frugal living. Berikut beberapa diantaranya :

  1. Mengelola uang dengan lebih hati-hati
    Menyadari kemana uang pergi dan untuk apa uang itu digunakan. Sehingga bisa berhemat sambil tetap menikmati hidup.
  2. Lebih cerdas saat belanja
    Tidak hanya tahu tentang kapan harus menahan diri dari berbelanja, kamu bisa merasa tidak masalah untuk berbelanja barang bekas berkualitas, dan memanfaatkan diskon. Jangan minum kopi di coffee shop mahal (Kopi mewah adalah latte factor yang menyebabkan pemborosan). Pilih membayar dengan uang tunai daripada kartu kredit.
  3. Lebih kreatif
    Kamu akan selalu mencari alternatif lain. Misalkan lebih mudah untuk makan siang di luar, tetapi lebih hemat membawa bekal dari rumah. Memasak sendiri, tidak perlu pergi ke restoran. Berolahraga tidak harus di gym. Masih bisa tampil menarik dengan mix and match pakaian lama.

Menjadi Lebih Sadar

Berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat ingin menerapkan frugal living :

  • Berhenti dan hitung hingga sepuluh sebelum membuka aplikasi belanja online setelah mendapatkan pemberitahuan diskon belanja.
  • Pikirkan sebelum membeli. Membeli payung saat musim hujan. Prioritaskan. Jangan mengganti perangkat Anda kecuali rusak.
  • Amati dan tanyakan pada diri sendiri, kenapa harus membeli gadget mahal kalau ada yang spesifikasinya sama dengan harga lebih terjangkau?

Jika kamu muslim, islam juga mengajarkan seseorang untuk tidak hidup boros (tabzir) dan berlebih-lebihan (israf).

Frugal Living, Gaya Hidup Sejalan dengan Value dan Tujuan Hidup

Tertarik lebih jauh dengan Frugal Living? terus ikuti AkuFrugal.com